Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel blogfsym.blogspot.com via mail, join sekarang!

Site Info

Rabu, 29 Februari 2012

0
Pencemaran Lingkungan Hidup

Do you want to share?

Do you like this story?

Pencemaran lingkungan hidup harus  menjadi perhatian yang serius di era saat ini. Meningkatnya kegiatan industri seperti pertambangan telah banyak mengganggu ekosistem lingkungan hidup dengan kegiatan penebangan pohon dan kebisingan alat-alat pertambangan yang digunakan

Inti dari permasalahan lingkungan hidup adalah hubungan makhluk hidup, khususnya manusia dengan lingkungan hidupnya. Ilmu tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya di sebut ekologi.

Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dengan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupannya dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dari definisi diatas tersirat bahwa makhluk hidup khususnya merupakan pihak yang selalu memanfaatkan lingkungan hidupnya, baik dalam hal respirasi, pemenuhan kebutuhan pangan, papan dan lain-lain. Dan, manusia sebagai makhluk yang paling unggul di dalam ekosistemnya, memiliki daya dalam mengkreasi dan mengkonsumsi berbagai sumber-sumber daya alam bagi kebutuhan hidupnya.

Di alam terdapat berbagai sumber daya alam. yang merupakan komponen lingkungan yang sifatnya berbeda-beda, dimana dapat digolongkan atas :
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable natural resources)
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non-renewable natural resources).

Berbagai sumber daya alam yang mempunyai sifat dan perilaku yang beragam tersebut saling berinteraksi dalam bentuk yang berbeda-beda pula. Sesuai dengan kepentingannya maka sumber daya alam dapat dibagi atas;
(a). fisiokimia seperti air, udara, tanah, dan sebagainya,
(b). biologi, seperti fauna, flora, habitat, dan sebagainya, dan
(c). sosial ekonomi seperti pendapatan, kesehatan, adat-istiadat, agama, dan lain-lain.

Interaksi dari elemen lingkungan yaitu antara yang tergolong hayati dan non-hayati akan menentukan kelangsungan siklus ekosistem, yang didalamnya didapati proses pergerakan energi dan hara (material) dalam suatu sistem yang menandai adanya habitat, proses adaptasi dan evolusi.Dalam memanipulasi lingkungan hidupnya, maka manusia harus mampu mengenali sifat lingkungan hidup yang ditentukan oleh macam-macam faktor. 

Berkaitan dengan pernyataan ini, sifat lingkungan hidup dikategorikan atas dasar :
(1). Jenis dan jumlah masing-masing jenis unsur lingkungan hidup tersebut,
(2). hubungan atau interaksi antara unsur dalam lingkungan hidup tersebut,
(3). kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup, dan
(4). faktor-faktor non-materil, seperti cahaya dan kebisingan.

Demikian ulasan tentang Pencemaran lingkungan hidup mudah-mudahan bermanfaat
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Pendidikan Lingkungan Hidup di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pada kesempatan ini kami akan mereview salah satu jasa konstruksi yang sudah terkenal di area Jabodetabek. Perusahaan yang akan saya review adalah ASIA Bengkel Las. Sudah lebih dari 10 tahun perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi untuk aksesoris rumah kantor dan swalayan (mall).


Dari customer yang sudah memberikan testimoni hampir 99% menyatakan bahwa ASIA bengkel Las merupakan perusahaan yang memberikan layanan prima dan mengutamakan kepuasan pelanggan.


Tidak hanya pada pelayanan, harga pun bersaing dipasaran. Nah kira-kira apa saja yang di produksi? Lihat daftar produksi dari ASIA Bengkel Las :




Anda tidak usah khawatir dengan kualitasnya, jaminan no 1 dan bergaransi, karena sudah melayani perumahan, perkantoran dan pemerintahan.

ASIA Bengkel Las

ASIA Building

belajarpsikologi.com

KajianTeori.com

Aneka Resep Masakan